Ad Code

Selektif Inovasi Kejuruan

 Kreativitas dan Inovasi





Pengertian Kreativitas dan Inovasi

A. Kreativitas

    Dalam kehidupan sehari-hari kreativitas sudah tidak asing lagi terdengar, kreativitas dikaitkan dengan keunikan kemenarikan dan juga hal-hal yang baru. Kreativitas adalah serangkaian aktivitas yang dapat menghasilkan ide atau suatu gagasan yang baru, memiliki sifat yang menarik dan unik. Kreativitas juga dapat dikatakan kemampuan untuk membuat atau menciptakan sesuatu yang baru. 

B. Inovasi     

    Kita juga sering mendengar inovasi di tengah-tengah kehidupan sehari-hari. Sebagai salah satu contohnya ada orang yang memiliki inovasi terkait dengan hal yang berguna di bidang pertanian seperti alat penyiram tanaman otomatis. Sebenarnya apa sih inovasi itu, inovasi adalah suatu aktivitas yang konsepnya mengembangkan suatu ide atau gagasan kemudian bersifat baru dan dapat bermanfaat dalam bidang tertentu atau dalam lingkungan masyarakat. Untuk menghasilkan inovasi ini tentunya melibatkan beberapa aspek bidang keilmuan yang relevan dengan output dari inovasi yang dihasilkan, sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat.

Perbedaan Kreativitas dan Inovasi

Perbedaan Kreativitas dan Inovasi dapat dilihat dari beberapa aspek di antaranya yaitu :

1. Tujuan

    Tujuan dari inovasi adalah hanya berupa konsep rancangan dan masih dalam berupa ide baru, Sedangkan Inovasi ialah realisasi dari konsep dan ide baru yang menghasilkan nilai tambah.

2. Fokus 

    Fokus utama pada kreativitas adalah berupa pembuatan ide dan gagasan saja, tetapi inovasi lebih berfokus pada penerapan dari ide dan gagasan yang bersifat baru tersebut.

3. Keluaran

    Produk yang dihasilkan dari sebuah kreativitas adalah sebuah ide atau gagasan, sedangkan inovasi berorientasi pada produk nyata yang bermanfaat.

4. Kompleksitas

    Inovasi terjadi pada ruang yang kurang kompleks dan masih sederhana saja, tetapi jika inovasi sudah kompleks dan melibatkan beberapa aspek bidang keilmuan. 

Bagaimana hubungan Kreativitas dan Inovasi?

    Bila kreativitas merupakan rancangan dan juga konsep yang menghasilkan ide baru yang unik yang menarik maka inovasi adalah langkah nyata untuk merealisasikan ide atau gagasan yang  ada pada tahap kreativitas tersebut, jadi saling berkaitan dan tidak dapat terpisahkan.

"Kreativitas dan Inovasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, seiring dengan perkembangan zaman dan juga teknologi yang semakin pesat maka kreativitas dan inovasi perlu berjalan bersama. Pada dunia pendidikan juga sangat berpengaruh guna tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.  Adapun manfaat kreativitas dan teknologi di dalam dunia pendidikan di antaranya : (1) Meningkatkan daya saing, (2)   Meningkatkan Produktivitas (3) Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah (4) Meningkatkan kualitas produk dan layanan." 

Post a Comment

0 Comments

Code Ads